Tesis

Hubungan Vascular Endothelial Growth Factor dengan Tingkat Keparahan Karsinoma Hepatoselular = Association between Vascular Endothelial Growth Factor and Severity of Hepatocelullar Carcinoma Staging.

Latar Belakang : Derajat keparahan karsinoma hepatoselular (KHS) yang dinilai dengan klasifikasi Barcelona Clinic Liver Cancer (BCLC) merupakan faktor prognostik utama KHS. Penilaian kadar serum Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) dianggap dapat mencerminkan tingkat keparahan KHS. Namun, belum ada kesepakatan mengenai hubungan tingkat keparahan KHS dengan kadar serum VEGF. Tujuan : Mengetahui hubungan kadar serum VEGF dengan tingkat keparahan KHS dengan menilai perbedaan rerata kadar serum VEGF pada berbagai tingkat keparahan KHS. Metode : Penelitian ini adalah studi potong lintang untuk menentukan hubungan antara kadar serum VEGF dengan tingkat keparahan KHS berdasarkan klasifikasi BCLC. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo antara bulan Januari 2015 dan Mei 2015. Uji statistik yang digunakan untuk menilai hubungan kadar serum VEGF dengan klasifikasi BCLC ialah analisis one way ANOVA, dan dilanjutkan dengan analisis post hoc Tukey Schaffe. Hasil : Sebanyak 61 subyek KHS diikutkan dalam penelitian ini. Pada penelitian ini tidak ditemukan subyek dengan BCLC stage 0. Rerata kadar serum VEGF BCLC stage A adalah 288,26±156,6 pg/ml; BCLC stage B: 434±164,8 pg/ml; BCLC stage C: 785,57±194,25 pg/ml; BCLC stage D: 1537,97±660,62 pg/ml. Analisis one way ANOVA menunjukkan perbedaan bermakna (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

ARLES - Nama Orang
Ari Fahrial Syam - Nama Orang
Rino Alvani Gani - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang

No. Panggil
T 15 116 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 43 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15116FKT15116FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Vascular Endothelial Growth Factor dengan Tingkat Keparahan Karsinoma Hepatoselular = Association between Vascular Endothelial Growth Factor and Severity of Hepatocelullar Carcinoma Staging.

Related Collection